Lebih Sehat dan Bugar di Usia 50 Tahun

George Clooney di usia tua tapi tetap enerjik Selama ini kita tentu beranggapan bahwa semakin tua umur seseorang maka semakin rentanlah ia dengan berbagai macam penyakit. Maklum, usia tua memang identik dengan penurunan fungsi tubuh dan berisiko berbagai macam penyakit. Tapi tahukah Anda bahwa studi terkini justru menemukan rata-rata orang yang berusia 50 tahun lebih bugar dan sehat dibanding usia 20-an tahun? Nah lho!

Yap! Studi ini memberikan kesimpulan bahwa orang yang berusia 50 tahun dapat terlihat lebih bugar dan sehat karena ia menuai manfaat dari pola makan yang lebih baik, banyak melakukan olahraga serta memiliki waktu luang yang meningkat.

Hal ini seperti dicontohkan oleh artis Hollywood, George Clooney yang berusia 50 tahun pada bulan lalu dan mendapatkan tubuh yang lebih bugar. Hal ini karena ia telah menggabungkan olahraga dengan yoga ditambah pola makan sehat untuk menjaga kondisi tubuh prima.

Laporan yang ditemukan dalam studi ini adalah sekitar 1 dari 5 orang berusia 50-an tahun merasa lebih energik dan menikmati hidupnya dengan semangat daripada saat ia berusia 20-an tahun. Dan lebih dari 70 persen orang usia 50-an tahun merasa lebih fit.

"Sangat menyenangkan bahwa begitu banyak orang yang merasa lebih bugar dan fit saat ia berusia 50 tahun ke atas," ujar Louise Withy, selaku juru bicara Engage Mutual, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Jumat (30/6/2011).

Withy menuturkan usia 50 an tahun bisa menjadi waktu untuk merefleksikan kesehatan. Anak-anak mulai meninggalkan rumah sehingga menyediakan ruang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan sendiri sehingga bisa menjadi babak baru.

"Ini bisa menjadi tantangan terhadap persepsi seputar penuaan sekaligus berita baik yang patut dipertimbangkan dalam meningkatkan harapan hidup karena sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya lebih dari 50 tahun," ungkapnya.

Jika seseorang memiliki tubuh yang bugar dan sehat, maka hal ini bisa menurunkan risiko terhadap berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan usia lanjut sehingga kualitas hidupnya bisa lebih meningkat.

Bagaimana, tertarik untuk mulai membiasakan pola hidup sehat untuk menikmati masa-masa bugar di usia tua? Jangan ditunda-tunda!

0 comments:

Post a Comment