Wah, Tak Lama Lagi Uban Bisa Disembuhkan?!

Uban (white hair) atau rambut yang mulai memutih adalah salah satu "penyakit" yang tidak bisa dihindarkan pada usia tua.

Selama ini sebagian orang mungkin merasa pasrah menerima siklus alami ini, namun sebagian yang lain berupaya menutupinya dengan semir rambut agar "kembali" berwarna hitam.

Pilihan menggunakan semir rambut juga bukan berarti tanpa resiko. Kesalahan dalam memilih produk semir rambut ini dapat berakibat kerusakan rambut secara serius.

Namun tampaknya resiko ini akan segera hilang setelah para peneliti dari New York University mengklaim telah menemukan penyebab dari uban yang muncul di usia lanjut ini.

Lewat serangkaian eksperimen, para peneliti ini menemukan sebuah protein yang menentukan proses pewarnaan rambut. Protein tersebut bernama Wnt, yang jika kadarnya berkurang maka warna alami rambut manusia akan semakin pudar.

Dengan memanfaatkan teknologi rekayasa genetik, tim peneliti yang dipimpin oleh Prof. Mayumi Ito berhasil mengembalikan fungsi Wnt dan menyelamatkan rambut dari uban. Uji coba masih terbatas pada tikus, namun peluang untuk mengembangkannya pada manusia diyakini sangat besar.

Baik pada rambut manusia maupun rambut, Wnt bekerja dengan cara mengatur fungsi melanosit dalam menghasilkan pigmen-pigmen atau pewarna alami pada rambut. Apapun warna pigmen yang dihasilkan, jika memudar maka warnanya akan memutih atau menjadi abu-abu.

Tak hanya berperan menjaga warna alami rambut, Wnt juga merangsang pembentukan folikel atau kelenjar rambut. Kelenjar ini terbentuk sejak dalam kandungan dan sebagian akan mati seiring bertambahnya usia sehingga rambut cenderung akan terus menipis.

"Sudah banyak yang tahu bahwa melanosit dan folikel bekerja secara sinergis, tapi baru kali ini kami mengetahui faktor apa yang mengatur cara mereka bekerja," ungkap Prof. Mayumi dalam laporannya di jurnal Cell dan dikutip dari Telegraph, Senin (20/6/2011).

Namun dalam kaitannya dengan uban, beberapa kalangan menilai Wnt bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi munculnya uban. Penggunaan produk-produk perawatan rambut yang mengandung hidrogen peroksida juga bisa menyebabkan warna rambut cepat pudar.

Nah, bagaimana? Tidak sabar menunggu produk "anti-uban" ini beredar secara resmi di pasaran? Kita tunggu saja.. dan berharap semoga tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Tapi... sebaiknya sih nikmati saja masa-masa tumbuhnya uban itu. Karena tua tanpa uban, ibarat sayur tanpa garam, bukan? ;)

0 comments:

Post a Comment